Petunjuk Penggunaan Jaringan Wi-Fi “UNBRAH Access”


Yth. Seluruh Civitas Akademik FKG Univ. Baiturrahmah.
(Dosen, karyawan dan mahasiswa)

Mempertimbangkan efisiensi dan keamanan penggunaan jaringan internet dan intranet di lingkungan FKG dan RSGM Universitas Baiturrahmah, kami dari TIM IT merubah topologi jaringan termasuk penggunaan metode WPA2-Enterprise untuk konektifitas nirkabel. Hal ini bertujuan memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik bagi seluruh pengguna jaringan yang ada di FKG dan RSGM Baiturrahmah.

Jaringan nirkabel (Wi-Fi) yang baru ini menggunakan SSID dengan nama UNBRAH Access, kedepan kami berharap SSID ini bisa menjadi single network diseluruh Universitas Baiturrahmah yang bersifat seamless. UNBRAH Access menggunakan WPA2-Enterprise dengan standar 802.1x-EAP menggunakan metode autentikasi TTLS+PAP. Model jaringan nirkabel ini, berbeda dengan model yang selama ini kita gunakan dimana dengan WPA2-Enterprise setiap pengguna akan memiliki kredensial atau username dan password sendiri-sendiri tidak seperti sebelumnya password WPA digunakan secara bersama-sama dan rawan disalahgunakan.

Untuk bisa mengakses jaringan UNBRAH Access ini, setiap pengguna wajib memiliki akun email UNBRAH baik menggunakan domain @unbrah.ac.id maupun subdomain @fkg.unbrah.ac.id, @staff.unbrah.ac.id, @student.unbrah.ac.id maupun akun lain dengan subdomain dari fakultas dan prodi yang ada dilingkungan Universitas Baiturrahmah. Bagi anda yang belum memiliki akun, silahkan menghubungi admin IT baik di UPT TI maupun admin IT di tingkat fakultas. Bagi mahasiswa, untuk mengaktivasi gmail UNBRAH, silahkan klik tautan berikut : Aktivasi Email Mahasiswa

Berikut adalah petunjuk untuk bisa mengakses jaringan wifi UNBRAH Access. Proses ini hanya perlu dilakukan sekali saat awal  suatu perangkat terhubung dengan jaringan wifi, setelah konfigurasi tersimpan, perangkat akan otomatis terhubung dengan jaringan UNBRAH Access (Seamless). Silahkan klik tautan dibawah ini untuk mendownload petunjuk dalam bentuk file PDF [1 MB] :

Download Petunjuk Konfigurasi UNBRAH Access.pdf [1 MB]

Selain petunjuk konfigurasi diatas, berikut ini beberapa link download untuk file-file yang mungkin anda butuhkan dalam malakukan konfigurasi UNBRAH Access :

Sertifikat CAUNBRAH Self Certificate Authority (.der/.crt) atau UNBRAH Self Certificate (.pem)

GEANTLinkGEANTLink-x86.msi 32 bit atau GEANTLink-x64.msi 64 bit

Mac & iOS Wifi ProfileUNBRAH_Access.mobileconfig

Anda memiliki pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *