Pemkot Padang Tindak Lanjuti Kerja Sama Dengan Unbrah Terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi


Pemerintah Kota Padang menindaklanjuti kerja sama dengan Universitas Baiturrahmah (Unbrah) terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menggelar rapat koordinasi yang diselenggarakan di Ruang Rapat Bagian Kerja Sama Sekdako Padang, Balai Kota, Kamis 23 Januari 2020.

Pemkot yang diwakili Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah yang terdiri atas Bappeda, Dinas Kesehatan, perwakilan RSUD, bagian pemerintahan, dan bagian kerja sama berdiskusi dengan perwakilan Unbrah yang dipimpin oleh Wakil Rektor II Drs. Darman, M.Si Akt.

Dalam rapat yang dipimpin Kabag Kerja Sama Sekdakot Padang Drs. Erwin, M.MA tersebut pihak Pemkot Padang mengusulkan agar Unbrah menyiapkan konsep wilayah binaan di bidang kesehatan.

Sejalan itu Unbrah lewat Fakultas Kedokteran Gigi menginisiasi sebuah program yang dinamakan “Zero Caries” atau “No Caries” yang artinya tidak ada gigi berlubang pada anak SD pada suatu wilayah.

Di samping FKG, Fakultas Kedokteran juga mengajukan “Konsep Kelurahan Sehat” di Kelurahan Aie Pacah Kecamatan Koto Tangah Padang. Lokasi tersebut juga menjadi lokasi kampus FK Unbrah dan pusat Unbrah.

FKG bersama tim pemkot menyepakati Kelurahan Sungai Sapiah, Kecamatan Kuranji yang lokasinya tidak jauh dari kampus FKG dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unbrah sebagai lokasi percontohan “Zero Caries” tersebut.

Menurut Dekan FKG drg . Citra Lestari, MDSc, Sp.PERIO kedua program tersebut akan dibahas dalam rapat internal universitas dan kemudian akan dikoordinasikan dengan Pemkot Padang. Bila nantinya telah disepakati maka program tersebut akan mulai dilaksanakan pada kedua wilayah tersebut.

Sementara itu selain WR II, hadir juga Staff Ahli Rektor, Lima Dekan dan  wakil dekan di Unbrah, Kepala Program Studi terkait, dan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Anda memiliki pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

Pengumuman