FKG Unbrah Laksanakan Temu Alumni dan Silaturahmi Secara Daring


Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) melaksanakan pertemuan antar alumni seluruh angkatan dan kegiatan silaturahmi Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah melalui media secara dalam jaringan pada Minggu 31 Mei 2020.

Dekan FKG Unbrah drg. Citra Lestari, MDSc, Sp Perio dalam sambutannya menyebutkan kegiatan ini diprakarsai oleh lulusan FKG tahun 1995.

Awalnya kata dekan berasal dari obrolan ringan di media sosial kemudian dijalin kesepakatan dengan seluruh angkatan serta pimpinan kampus untuk dilaksanakan.

Dekan menambahkan momennya bersamaan dengan lebaran Idul Fitri sekaligus masa tanggap darurat Covid-19, kegiatan ini juga dilaksanakan pemaparan presentasi dengan persoalan gigi di Indonesia.

Pada kegiatan Minggu tersebut, hampir hadir perwakilan lulusan FKG dan drg dari seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua. Rata-rata selain jadi dokter gigi, lulusan FKG Unbrah juga telah ada yang menjabat di berbagai sektor serta ASN.

“Harapan ke depan selain silaturahmi pertemuan ini menjadi agenda rutin yang dapat dimanfaatkan terus untuk tukar menukar informasi dan sharing keilmuan serta pengalaman antar alumni”, kata dekan.

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang ikut dalam kegiatan tersebut mengapresiasi pertemuan secara webinar tersebut.

Dalam kesempatan itu Rektor juga menyampaikan capaian-capaian yang telah dilakukan Unbrah khususnya saat tanggap darurat Covid-19.

“Kami bukan follower namun sebagai trendsetter dari setiap kegiatan yang terkait pencegahan dan pemutusan rantai Covid-19” ujar Rektor.

Hal yang menjadi pionir pertama yakni pembentukkan Tim Covid-19 Centre Unbrah, yang mana disahkan saat Bulan Maret ketika Covid-19 belum merajalela di Padang.

Kemudian tindak lanjutnya melakukan pembuatan handsanitizer dan produksi masker. Setelah itu Unbrah juga menjadi salah satu kampus pelopor penyemprotan desinfektan di semua ruangan kampus termasuk masjid.

Saat pembelajaran dan bekerja dilakukan dari rumah ketika masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Unbrah menggelar kegiatan seminar dan sharing webinar yang melibatkan berbagai lapisan masyarakat.

Dimulai dengan tema “Mamaga Nagari dari Covid-19” dengan melibatkan lintas sektor pemerintah dan terakhir menggelar webinar dengan tema “Mamaga Diri dari Covid-19” yang melibatkan semua pihak.

Kegiatan pertemuan ini dimoderatori oleh drg. Afando Ekardo MM. Kemudian diisi juga dengan presentasi oleh drg. Oryce Zahara Sp.Ort dengan judul “Seberapa Pentingkah Retainer After Orthodontic Treatment? dan Bagaimanakah Perawatannya Saat Covid-19”

Kemudian Dr. drg. Chairunas MKes SpBM dengan judul “Infeksi Odontogenik sebagai Kegawatdaruratan di masa Pandemic”.

Hadir juga dalam webinar ini Ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah Haji Amran Sutan Sidi Sulaiman beserta Hj Maizarnis.

Anda memiliki pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *