Penilaian Tutorial

Penilaian Tutorial Semester Ganjil
TA. 2022/2023

Yth. Bapak/Ibu fasilitator,

Sebelum memulai proses tutorial, mohon bapak/ibu fasilitator dapat mengingatkan mahsiswa/i untuk mentaati peraturan dan tata tertib tutorial yang telah ditetapkan.

Mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah harus mematuhi tata tertib  tutorial berikut ini :

  1. Kelompok tutorial terdiri dari 10 sampai 12 mahasiswa yang diatur oleh Bagian Akademik FKG Unbrah.
  2. Kelompok diskusi ini difasilitasi oleh satu orang fasilitator yang juga merupakan bagian dari kelompok tutorial.
  3. Anggota kelompok tutorial memilih ketua dan sekretaris kelompok sebelum tutorial dimulai.
  4. Ketua bertugas untuk mengarahkan anggota dalam setiap step/langkah selama kegiatan tutorial.
  5. Sekretaris bertugas mencatat semua hasil tutorial
  6. Hadir di ruang tutorial 10 menit sebelum tutorial dimulai.
  7. Bagi mahasiswa perempuan harus berpakaian sopan (tidak boleh menggunakan baju kaos dan celana panjang). Bagi mahasiswa laki-laki tidak boleh memakai baju kaos dan rambut tidak boleh panjang.
  8. Selama tutorial berlangsung nada HP harus di non aktifkan dan tidak boleh menelpon atau melakukan kegiatan lain melalui HP.
  9. Menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan ruang diskusi. Buanglah sampah pada tempat sampah yang telah disediakan.
  10. Laporan hasil tutorial (wrap-up) setelah pertemuan kedua dibuat dalam bentuk makalah dan dilampirkan PPTnya. Makalah dikumpulkan ke PJ blok maksimal 2 (dua) hari sebelum diskusi pleno dilaksanakan.

 

Tata tertib di pertemuan pertama:

  1. Mahasiswa hanya boleh membawa catatan yang dicatat di buku panduan blok
  2. Mahasiswa tidak boleh membuka HP
  3. Mahasiswa tidak boleh membawa laptop, buku, artikel dan catatan diluar buku panduan

 

Tata tertib di pertemuan kedua :

  1. Mahasiswa hanya boleh membaca catatan belajar mandiri (poin-poinnya saja)
  2. Mahasiswa boleh membuka laptop atau referensi lainnya hanya untuk membuktikan bahwa pendapatnya berdasarkan referensi yang valid atau untuk membantu penjelasan yang masih membingungkan.

Silahkan bapak/ibu fasilitator malakukan penilaian dengan obyektif sesuai dengan kondisi pada kelompok tutor dimana bapak/ibu menjadi fasilitatornya.

Setiap data yang bapak ibu isikan, akan dikirimkan sotcopy-nya dalam bentuk file PDF ke alamat email (akun UNBRAH) sebagai arsip. Sedangkan hardcopy dari hasil penilaian ini harus bapak/ibu tanda tangani di bagian akademik.

Terima kasih,

ttd.
Akademik FKG UNBRAH

 

 

Panduan Penilaian :

Ketentuan :

  1. Fasilitator harus menilai sesuai kriteria yang sudah ditetapkan
  2. Fasilitator harus mengisi penilaian meskipun mahasiswa tidak hadir (dengan nilai “ 0 “)
Aspek Penilaian Nilai Kriteria Penilaian
Kehadiran 4 hadir sebelum waktu/hadir tepat waktu
3 terlambat 5-10 menit
2 terlambat 11-15 menit
1 terlambat 16-30 menit
0 terlambat lebih 30 menit/ tidak hadir dengan atau tanpa keterangan yang jelas
Partisipasi 4 aktif berpartisipasi selama tutorial (menjawab hampir sebagian besar pertanyaan) atau jika sebagai ketua dapat memimpin tutorial dan mampu mendistribusikan kesempatan secara merata kepada masing-masing anggota
3 kurang aktif berpartisipasi (hanya menjawab beberapa pertanyaan) atau jika sebagai ketua dapat memimpin tutorial tapi kurang mampu mendistribusikan kesempatan secara merata kepada masing-masing anggota
2 Tidak aktif berpartisipasi (hanya menjawab jika ditunjuk oleh ketua) atau jika sebagai ketua tidak mampu memimpin jalannya tutorial dengan baik
1 Tidak memberikan pendapat selama diskusi meskipun sudah ditunjuk oleh ketua
0 tidak hadir / terlambat lebih dari 30 menit
Relevansi 4 Semua ide/pendapat yang dikemukakan relevan dengan topik dalam skenario dan  Learning objective
3 Mengemukakan sebagian besar dari ide/pendapat yang relevan dengan topik dalam    skenario dan learning objective
2 Mengemukakan sebagian kecil dari ide/pendapat yang relevan dengan topik dalam skenario dan learning objective
1 Mengemukakan ide/pendapat yang tidak relevan dengan topik dalam skenario dan learning objective/tidak memberikan pendapat
0 tidak hadir / terlambat lebih dari 30 menit
Penguasaan Materi 4 menyampaikan ide/pendapat tanpa membaca buku catatan/referensi lainnya dan disampaikan secara sistematis atau dengan menggunakan media pembelajaran (gambar, skema, video, alat peraga lainnya sehingga mudah dimengerti.
3 menyampaikan ide/pendapat tanpa membaca buku catatan/referensi lainnya, tetapi kurang sistematis
2 menyampaikan ide/pendapat sambil sesekali membaca buku catatan/referensi lainnya
1 menyampaikan ide/pendapat sambil membaca buku catatan/referensi lainnya
0 tidak hadir / terlambat lebih dari 30 menit
Sikap 4 menunjukkan sikap menghargai pendapat dan peran anggota lain dan fasilitator
3 memberikan pendapat tanpa melalui ketua kelompok
2 tidak acuh atau melakukan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan tutorial saat itu (membaca materi kuliah lain, bermain HP)
1 menghambat jalannya diskusi atau tidak menghargai pendapat anggota lain (dominasi, mengejek, menyela atau berdiskusi dengan teman sebelah) atau tidak menghargai ketua dan fasilitator serta sering izin/keluar masuk ruang tutor.
0 tidak hadir / terlambat lebih dari 30 menit