Tutorial terdiri dari sekelompok mahasiswa dalam kuantitas kecil (10-12 orang) dan seorang instruktur atau tutor. Diskusi tutorial sebaiknya dapat mencapai kondisi deep learning. Kondisi tersebut dapat dicapai dengan adanya efektivitas kelompok tutorial. Kelompok tutorial yang aktif dicirikan dengan dinamika kelompok yang baik, tutor yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, partisipasi aktif semua mahasiswa dalam kelompok tersebut dan kualitas skenario yang baik sebagai trigger material sehingga dapat memotivasi belajar. Tutor berfungsi sebagai learning facilitator. Untuk mensukseskan tutorial, mahasiswa berkomunikasi secara aktif, mendengarkan satu sama lain, berpartisipasi secara aktif, memiliki minat terhadap kelompok dan keterlibatan semua mahasiswa dalam satu kelompok sangatlah penting.
Problem Based Learning (PBL) adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan mahasiswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga mahasiswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah (Ward, 2002). PBL digunakan guna merangsang mahasiswa untuk berpikir secara kritis, analitis, memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang baik. PBL dicirikan oleh pembelajaran dengan penggunaan skenario yang disusun secara seksama dengan integrasi berbagai disiplin ilmu berdasarkan suatu tema pembelajaran tertentu untuk menginisiasi dan menstimulasi pembelajaran mahasiswa melalui diskusi dalam suatu kelompok kecil, dengan difasilitasi oleh seorang tutor.
Prinsip utama dalam proses pembelajaran melalui PBL : (1) konstruktif ; (2) dimotori oleh keinginan dari dalam diri sendiri ; (3) kontekstual dan ; (4) Pembelajaran terjadi dalam suatu proses kolaborasi . PBL berpusat pada aktivitas belajar mandiri mahasiswa, terstruktur dengan baik, berdasarkan masalah, terintegrasi, dan pendekatan klinis yang lebih dini. Dalam PBL, dikenal istilah tutorial yang merupakan inti dari penerapan PBL. Tutorial berbentuk seperti diskusi kelompok kecil dimana mahasiswa dan tutor memiliki peran masing-masing yang harus dilaksanakan demi kelangsungan diskusi.